Selamat dan sukses untuk kita bersama, anak nagari Parit Malintang. Semoga kita bersama selalu dilimpahi Rahmad kesehatan dan kekuatan iman dalam menjalankan aktifitas sehari hari. amiin... " Dek Basamo Mangko kamanjadi "

Artikel

Tito Minta Sri Mulyani Tambah Blanko e-KTP 30 Juta Keping

16 Januari 2020 12:08:35    143 Kali Dibaca  Berita Desa

Tito Minta Sri Mulyani Tambah Blanko e-KTP 30 Juta Keping

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 09:11 WIB
Tito Minta Sri Mulyani Tambah Blanko e-KTP 30 Juta Keping Mendagri Tito Karnavian meminta tambahan anggaran pengadaan blanko e-KTP kepada Menkeu Sri Mulyani. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menambah anggaran pengadaan blanko e-KTP pada tahun ini. Tito memperkirakan kebutuhan blanko e-KTP akan meningkat dari semula 24 juta keping menjadi 30 juta keping.

Hal ini diungkapkan Tito langsung kepada awak media usai menggelar pertemuan tertutup dengan bendahara negara dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Kementerian Keuangan pada Senin (13/1).

"Soal anggaran blanko e-KTP, kami perkirakan 2020 tidak cukup sampai akhir tahun. Sehingga kami minta anggaran ditambah," ucap Tito.

Sayangnya, ia enggan menyebut berapa besar anggaran yang perlu ditambahkan oleh Kementerian Keuangan ke Kemendagri. Tetapi, ia mengisyaratkan kebutuhan anggaran cukup besar.

Hal ini tercermin dari ketersediaan blanko e-KTP yang hanya sekitar 16 juta keping sampai akhir tahun lalu. Padahal, kebutuhan tahun ini diperkirakan meningkat dari semula 24 juta menjadi 30 juta keping, sehingga masih perlu 14 juta keping.

Dari jumlah ini, ia memperkirakan blanko e-KTP hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai Mei-Juni 2020. Sementara, kebutuhan sampai akhir tahun belum tersedia.

"Jangan sampai nanti menimbulkan kelangkaan untuk pembuatan blanko e-KTP di daerah-daerah karena tahun lalu juga kurang sebenarnya, tapi sudah dipenuhi," katanya.

Di sisi lain, Tito mengatakan kebutuhan blanko e-KTP akan bertambah tahun ini karena pemerintah harus mengantisipasi dampak pascabencana. "Ini penting, seperti banjir kemarin, ada yang kehilangan KTP, KK, dan lainnya," tuturnya.

Sebelumnya, Kemendagri sebenarnya sudah memperkirakan kebutuhan blanko e-KTP akan meningkat menjadi 24 juta keping pada tahun ini. Dari proyeksi itu, Kemendagri akhirnya mengajukan pergeseran anggaran ke Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Semula pengajuan anggaran yang digeser dari pagu anggaran Kemendagri sebesar Rp15,3 miliar. Namun, Komisi II DPR hanya menyetujui sebesar Rp12 miliar.

Permintaan itu tak sepenuhnya dikabulkan DPR karena sekitar Rp3 miliar anggaran untuk blanko e-KTP sejatinya sudah berada di pagu anggaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil.

Namun, karena proyeksi kebutuhan blanko e-KTP meningkat lagi, maka Tito meminta kepada Sri Mulyani untuk menambah anggaran kementerian.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

dukcapilceria
Prodeskel KEMNAKES Pelayan Online
Badan Pusat Statistik Kominfo KEMENDES
BMKG openSID DPMPTP
PPID

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Padang - Bukittinggi KM 41 Parit Malintang
Nagari : Parit Malintang
Kecamatan : Enam Lingkung
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25584
Telepon : 081363446379
Email : nagariparitmalintang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:13
    Kemarin:64
    Total Pengunjung:63.613
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan