Selamat dan sukses untuk kita bersama, anak nagari Parit Malintang. Semoga kita bersama selalu dilimpahi Rahmad kesehatan dan kekuatan iman dalam menjalankan aktifitas sehari hari. amiin... " Dek Basamo Mangko kamanjadi "

Artikel

Film Domumenter " Bungo Lado " dapat Juara

12 November 2019 11:16:56    140 Kali Dibaca  Berita Desa

Mahasiswa pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang Andri Maijar memproduksi film dokumenter berjudul "Bungo Lado". Film berdurasi 20 menit ini bercerita tentang tradisi masyarakat di Parit Malintang, yang disebut "Bungo Lado" dalam perayaan Maulid Nabi SAW.

"Jadi dalam film dokumenter saya ini berbagai aspek dalam peningkatan kualitas hidup dan kebersamaan, yang menjadi identitas masyarakat dalam memaknai kehidupan, terutama bagi masyarakat Minangkabau," katanya, Jumat 8 Februari 2019. Dalam tradisi tersebut, kata dia, berbagai aspek dan nilai-nilai menjadi landasan masyarakat yang kemudian dikemas menjadi sebuah film yang cukup apik dalam subjektifitas masyarakat.

Tradisi "Bungo Lado" di Parit Malintang, merupakan salah satu representasi masyarakat terhadap kebudayaan Islam bagi masyarakat. Bungo Lado atau yang berarti bunga cabai, merupakan pohon hias yang berdaunkan uang atau yang biasa disebut juga pohon uang. Hal ini merupakan salah satu euforia masyarakat dalam menyambut hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. "Jadi di film dokumenter ini menayangkan dalam pelaksanaanya, bahwa setiap kelompok masyarakat saling berlomba untuk menyumbangkan sebagian dari penghasilanya, untuk disumbangkan dengan cara menghiaskan uang sumbangan tersebut ke sebuah ranting sebagai wujud kegembiraan," katanya. Dari sisi naratif, kata dia, peristiwa demi peristiwa menjadi alur/plot yang disajikan secara linear.

Tradisi ini, digambarkan secara detail mulai dari prosesi pencarian ranting, pengumpulan uang di lapau (warung), arak-arakan dan pemajangan dibdepan mesjid.

Andri juga mencoba mendeskripsikan dan melihat tatanan sosial masyarakat sebagai pengikut tarekat Syatariyyah, yang meleburkan pemahaman agama dengan kebudayaan setempat. Sehingga menjadi sebuah tradisi dan tatanan sosial yang mapan. Baik itu dari aspek sosial masyarakat, agama, dan rasa nasionalisme masyarakat. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

dukcapilceria
Prodeskel KEMNAKES Pelayan Online
Badan Pusat Statistik Kominfo KEMENDES
BMKG openSID DPMPTP
PPID

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Padang - Bukittinggi KM 41 Parit Malintang
Nagari : Parit Malintang
Kecamatan : Enam Lingkung
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25584
Telepon : 081363446379
Email : nagariparitmalintang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:70
    Kemarin:68
    Total Pengunjung:34.441
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan